Implementasi Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dengan Menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Motoling
Keywords:
Numbered Heads Together (NHT), LKPD, hasil belajarAbstract
ABSTRAK
Model pembelajaran sangat penting karena di dalam model pembelajaran tersebut guru dapat menentukan pembelajaran yang cocok untuk diterapkan di dalam kelas maupun di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui implementasi tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk peserta didik kelas XI MIPA 1. Riset ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada dua siklus dan setiap siklus terdiri atas perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observation) dan refleksi (reflection). Subjek dalam riset ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah 32 siswa terdiri atas 9 siswa pria dan 23 siswa wanita. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan diskusi di dalam group whatsaap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata hasil belajar peserta didik adalah 86,62 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 84,37%. Mengimplementasikan tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.