Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Media Information and Communication Technology (ICT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem di Kelas X SMA N 1 Tondano
Keywords:
Problem Based Learning (PBL), media ICT, hasil belajarAbstract
ABSTRAK
Media Infromation and Communication Technology (ICT) merupakan alat bantu dalam proses pembelajaran daring sedangkan model pembelajran Problem Based Learning (PBL) merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang metuntut siswa untuk lebih mandiri dan dapat berfikir kritis. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbasis media Infromation and Communication Technology (ICT) pada materi ekosistem dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X SMA N 1 Tondano. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimen (eksperimen semu), rancangan penelitian pre-test post-test control group. Pengambilan sampel dengan teknik pengambilan random dan kelas X IPA 5 menjadi kelas kontrol sedangkan kelas X IPA 7 menjadi kelas eksperimen dengan masing-masing kelas berjumlah 25 siswa. Nilai rata-rata hasil belajar postest yang diperoleh siswa di kelas X IPA 7 (eksperimen) dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis media Infromation and Communication Technology (ICT) sebesar 85.16 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar postets kelas X IPA 5 (kontrol) yang hanya menerapkan pembelajaran konvensional berbasis media ICT memperoleh nilai sebesar 77.24. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil uji hipotesis bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbasis Media Information And Communication Technology (ICT) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem.