Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jamur di SMA Negeri 1 Kawangkoan
Keywords:
Hasil belajar, problem based learningAbstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan faktor utama yang menentukan kualitas suatu bangsa. Pendidikanntidak statis tetapi terussmenerus, namun karena penyebaran Covid-19 siswa mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran yang di alihkan secara daring. Tujuan dari penelitianniniuuntuk mengetahui pengaruhmmodel pembelajarannproblem based learning terhadapphasilbbelajar siswaapada materi Jamur. Penelitianninimmerupakan penelitianeeksperimen dengan menggunakan desainnpenelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil penelitianmmenunjukkan bahwa rata-rata hasilbbelajar pada kelas kontrol 78.00 dan pada kelas eksperimen 87.50. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.