Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas X di SMA Petra Sawang Jauh
Keywords:
model POE, jelajah alam sekitar (JAS), hasil belajar, jamurAbstract
ABSTRAK
Dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan suatu model pembelajaran yang menarik perhatian, sehingga mendorong siswa untuk aktif dalam mengikuti proses pembelajaran salah satunya model pembelajaran predict observe explain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk megetahui apakah penerapan model pembelajaran predict observe explain dengan pendekatan jelajah alam sekitar berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa Kelas X di SMA Petra Sawang Jauh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pretest posttest control group design, sampel diambil dari 2 kelas homogen yang dipilih secara acak dengan 20 siswa dari masing–masing kelas. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata pre-test kelas kontrol 31 dan kelas eksperimen 63,25 kemudian rerata post-test kelas kontrol 38,25 dan kelas eksperimen 82,5. Penerapan model pembelajaran predict observe explain dengan pendekatan jelajah alam sekitar berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Petra sawang jauh pada materi jamur.