Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar berbasis Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri 1 Remboken
Keywords:
Jelajah Alam Sekitar, Student Teams Achievement Division, hasil belajarAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi karena pada pembelajaran biologi SMA Negeri 1 Remboken masih kurang bervariasi dan siswa-siswi kurang aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan jelajah alam sekitar berbasis student teams achievement division terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi kelas X SMA Negeri 1 Remboken. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas X IPA 2 (kelas eksperimen) berjumlah 27 siswa dan X IPA 3 (kelas kontrol) berjumlah 27 siswa, Nilai rata-rata postes yang diperoleh dari siswa kelas X IPA 2 (eksperimen) dengan penerapan pendekatan JAS berbasis STAD sebesar 83.33 sedangkan pada kelas X IPA 3 (kontrol) yang menerapkan pembelajaran konvensional saja sebesar 79.55. Berdasarkan hasil uji hipotesis data nilai selisih skor tes dikelas eksperimen dan kelas kontrol maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pendekatan JAS berbasis STAD terhadap hasil peningkatan belajar biologi siswa Kelas X SMA Negeri 1 Remboken.