Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA Kelas X pada Konten Biologi

Authors

  • Eucharisto Timothy Laalah Universitas Negeri Manado
  • Jeffry O Raturandang Universitas Negeri Manado
  • Jantje Ngangi Universitas Negeri Manado

Keywords:

Kemampuan berpikir tingkat tinggi, pembelajaran biologi

Abstract

ABSTRAK

Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam proses pembelajaran sains di sekolah perlu untuk diupayakan. hal ini menolong siswa untuk mampu menganalisis, mengevaluasi, serta mengkreasikan atau menciptakan suatu ide dan gagasasan yang baru dalam pembelajaran sains khususnya pembelajaran biologi. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui  capaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi siswa SMA kelas X di Tondano pada sekolah Akreditasi A yakni SMA Negeri 2 Tondano dan sekolah Akreditasi B SMA Katolik Rosa De Lima Tondano dengan soal PISA khususnya pada konten Biologi. Sampel penelitian ini berjumlah 50 orang siswa yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian didapatkan bahwa persentase rata-rata capaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi sekolah Akreditasi A dan Akreditasi B yang ada di Tondano yaitu berada pada persentase 44,13 % yang berada pada kategori “kurang sekali”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi siswa di Tondano masih “Kurang Sekali” capaiannya.

 

Downloads

Published

2022-08-05