Penerapan Metode Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Advent Tanah Putih Kecamatan Likupang Barat Kabupaten Minahasa Utara
Keywords:
Problem based learning, hasil belajarAbstract
ABSTRAK
Peningkatan hasil belajar biologi pada siswa kelas X SMA Advent Tanah Putih dapat ditingkatkan melalui penerapan metode problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode problem based learning yang dilakukan dalam dua siklus penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Kelas X MIPA Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi untuk pelaksanaan pembelajaran dan keaktifan siswa, tes untuk kompetensi kognitif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas X sebesar 68,17 dengan standar deviasi 11,02 pada siklus 1 meningkat menjadi 85,5 dengan standar deviasi 5,92 pada siklus 2. Demikian pula halnya dengan jumlah persentase ketuntasan hasil belajar siswakelas X secara klasikal yakni 30% siswa tuntas dan 70% siswa belum tuntas pada Siklus 1 dan menjadi 100% siswa tuntas pada siklus 2. Kesimpulan penelitian yaitu penerapan metode problem based learningdapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Advent Tanah Putih Kecamatan Likupang Barat Kabupaten Minahasa Utara.