Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pokok Bahasan Sel Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Tondano

Authors

  • Tina Y M. Thomas Universitas Negeri Manado
  • Tommy M Palapa Universitas Negeri Manado
  • Anatje Lihiang Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model pembelajaran, discovery learning, hasil belajar

Abstract

ABSTRAK

Proses belajar yang belum menggunakan model-model pembelajaran yang efektif, dan hasil belajar biologi siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Tondano belum mencapai nilai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar biologi pokok bahasan sel pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tondano. Populasi adalah kelas XI tahun ajaran 2021-2022, sampel kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 27 orang dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 22 orang. Penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design dan dapat diuji dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rerata kelas eksperimen sebesar 83.4 sedangkan nilai rerata kelas kontrol sebesar 69.5.

Downloads

Published

2022-08-05