Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Animalia di SMA Negeri 2 Tondano
Keywords:
Cooperative learning, hasil belajar, PTKAbstract
ABSTRAK
Permasalahan yang sering kali ditemukan pada pembelajaran biologi SMA Negeri 2 Tondano khususnya pada materi animalia yaitu cara penyajian materi yang kurang melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran di mana materi yang diajarkan tidak sesuai dengan model pembelajaran yang diterapkan sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa yang kurang maksimal dimana peserta didik yang mencapai nilai KKM 75,5 tidak lebih dari 50%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran cooperative learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Tondano pada materi animalia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 2 Tondano tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 24 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus, masing-masing siklus dilakukan satu kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi belajar peserta didik pada tahap I ialah 41,7% dimana hanya 10 orang peserta didik yang tuntas belajar, sedangkan pada tahap II persentase peserta didik yang tuntas 100% dimana seluruh peserta didik sudah tuntas belajar atau sudah memenuhu KKM. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning mampu membuat peserta didik aktif dalam proses belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Tondano.