Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas XI di SMA Negeri 1 Tondano

Authors

  • Deisire Natalia Sinta Darus Universitas Negeri Manado
  • Rudi A Repi Universitas Negeri Manado
  • Verawati IY Roring Universitas Negeri Manado

Keywords:

Project based learning, hasil belajar, pembelajaran biologi

Abstract

ABSTRAK

          Kurangnya pemberian kerja proyek kepada peserta didik sehingga peserta didik masih kurang menggali informasi secara mandiri serta menyebabkan rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada pembelajaran biologi kelas XI di SMA Negeri 1 Tondano. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tondano sedangkan sampel yang digunakan yaitu kelas XI MIA 6 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu berupa tes hasil belajar dengan instrumen tes berupa soal pilihan ganda dan uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 86,93 sedangkan rerata hasil belajar kelas kontrol sebesar 79,83. Model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Published

2022-08-05