Penerapan Pendekatan Kontekstual berbasis Authentic Asessment pada Materi Keanekaragaman Hayati terhadap Peningkatan Hasil Belajar Biologi pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 3 Tondano

Authors

  • Memori Hutapea Universitas Negeri Manado
  • Livana D Rawung Universitas Negeri Manado
  • Anita Tengker Universitas Negeri Manado
  • Aser Yalindua Universitas Negeri Manado
  • Emma Moko Universitas Negeri Manado

Keywords:

Kontekstual, authentic asessment, hasil belajar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kesadaran siswa dalam belajar biologi di SMA Negeri 3 Tondano, dan siswa-siswi kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pendekatan kontekstual berbasis authentic assessment pada materi keanekaragaman hayati terhadap peningkatan hasil belajar biologi pada siswa kelas X di SMA Negeri 3 Tondano. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas X IPA 6 berjumlah 34 siswa . Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar siklus I yaitu 20,58 % dengan rata-rata nilai 55,29 dan siklus II yaitu 85,29 % dengan nilai rata-rata 76,94. Pembelajaran materi keanekaragaman hayati dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbasis authentic assessment dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2022-08-19

Issue

Section

Articles