Penerapan Pendekatan Kontekstual berbasis Authentic Asessment pada Materi Keanekaragaman Hayati terhadap Peningkatan Hasil Belajar Biologi pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 3 Tondano
Keywords:
Kontekstual, authentic asessment, hasil belajarAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kesadaran siswa dalam belajar biologi di SMA Negeri 3 Tondano, dan siswa-siswi kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pendekatan kontekstual berbasis authentic assessment pada materi keanekaragaman hayati terhadap peningkatan hasil belajar biologi pada siswa kelas X di SMA Negeri 3 Tondano. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas X IPA 6 berjumlah 34 siswa . Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar siklus I yaitu 20,58 % dengan rata-rata nilai 55,29 dan siklus II yaitu 85,29 % dengan nilai rata-rata 76,94. Pembelajaran materi keanekaragaman hayati dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbasis authentic assessment dapat meningkatkan hasil belajar siswa.