Penerapan Model Pembelajran Inkuiry Terbimbing (guided inquiry) Terhadap Hasil Belajar Siswa Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA Negeri 3 Tondano
Keywords:
Model inkuiri terbimbing, hasil belajar, keanekaragaman hayatiAbstract
ABSTRAK
Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini terkait dengan siswa kurang aktif dalam pembelajaran, hasil belajar biologi belum maksimal dan kesadaran siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan guru masih sangat kurang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa menggunakan inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 3 Tondano. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X IPA 2 yang berjumlah 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan persentase ketuntasan belajar siklus I yaitu 12,50 % dengan rata-rata nilai 50,41 dan siklus II yaitu 95,83% dengan rata-rata 87,08 %. Model pembelajaran (guided inquiry) memiliki pengaruh positif dapat meningkatkan hasil belajar siswa.