Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Tondano

Authors

  • Sarlota Yuspin Lolo Universitas Negeri Manado
  • Mariana Rengkuan Universitas Negeri Manado
  • Utari Satiman Universitas Negeri Manado
  • Nova LIM Ogi Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model problem based learning, media audio visual

Abstract

ABSTRAK

            Pembelajaran dalam biologi disusun agar siswa memperoleh kesempatan untuk memecahkan suatu masalah, oleh sebab itu diperlukan suatu model pembelajaran yang inovatif serta media pembelajaran untuk memudahkan guru dalam berkomunikasi dengan siswa dan menciptakan pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual pada materi sistem reproduksi di kelas XI IPA SMA Negeri 2 Tondano. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan design True Experimental. Sampel dalam penelitian ini yakni kelas XI IPA 1 dengan jumlah 20 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 2 dengan jumlah 21 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian dan teknik pengumpulan data untuk mengetahui hasil belajar menggunakan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen diperoleh 86,5 sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol diperoleh 77,6. Ada pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media audio visual dikelas XI IPA SMA Negeri 2 Tondano.

Downloads

Published

2022-08-19

Issue

Section

Articles