Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) Melalui Applikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Kristen Kotamobagu

Authors

  • Elsa Kristi Supit Universitas Negeri Manado
  • Jantje Ngangi Universitas Negeri Manado
  • Emma Moko Universitas Negeri Manado
  • Decky W Kamagi Universitas Negeri Manado
  • Dany Ch Posumah Universitas Negeri Manado
  • Debby J.J. Rayer Universitas Negeri Manado

Keywords:

Problem based learning, google classroom, hasil belajar

Abstract

ABSTRAK

Model pembelajaran problem based learning merupakan bagian yang sangat penting dan diperlukan dalam melatih cara berpikir, dan cara menganalisis tetapi sejauh ini belum maksimal dilaksanakan di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning melalui aplikasi google classroom terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMA Kristen Kotamobagu. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Rancangan penelitian menggunakan control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang terdiri dari dua kelas yaitu XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian yang dipakai ialah tes essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas kontrol rerata 59,41 pada tes akhir mereka, sedangkan kelas eksperimen rerata 82,34. Kelas eksperimen mendapat skor lebih tinggi pada tes akhir mereka dari pada kelas kontrol.

Downloads

Published

2022-04-04

Issue

Section

Articles