Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Sistem Peredaran Darah di SMA Negeri 3 Tondano
Keywords:
Lembar kerja pesertaadidik, problem baseddlearningAbstract
Permasalahan dalammpenelitian ini berkaitan dengan peserta didikkyang kebanyakan tidak mempunyai buku pegangan dalam pembelajaran. Peserta didik hanya menggunakan buku teks sebagai sumber belajar yang tidak melibatkan proses pemecahan masalah. Tujuan penelitiannini adalah mengetahui kelayakan produk Lembar Kerja Peserta Didikkberbasis problem based learning padaamateri sistem peredaran darah. Pengembangan menggunakannmodel Borg and Gall disederhanakan menjadi 7 tahapannyaitu (1) Observasi pendahuluan (2) Perencanaan produk (3) Pengembangan produk (4) Validasi produk (5) Revisi desain produk (6) Uji coba produk skala kecil (7) dan Revisi akhir produk. Hasil penilaian terhadap media pembelajaran oleh ahli materi diperoleh skore 91,67% dengan kategori sangatttinggi dan sangat layak. Penilaian ahli media diperoleh skor 88,46% dengan kategori tinggi dannlayak. Penilaian guru mata pelajaran biologi yang pertama diperoleh skor 97,92% dengan kategori sangat tinggi dan sangat layak, kemudian guru mata pelajaran yang kedua diperoleh skor 95,83% dengannkategori sangat tinggi dannsangat layak. Sedangkan pada siswa diperoleh skor 94,06% dengannkategori sangat layak. Berdasarkan hasil penilaian, merekomendasikan bahwa produk yang dikembangkannlayak digunakan sebagai media pembelajaranndalam membantu peserta didikkuntuk meningkatkannminat peserta didikkdalam pembelajaran dan mengembangkan proses pemecahan masalah peserta didik dalammpembelajaran.