Penggunaan Metode Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa pada Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Tondano
Keywords:
Mind mapping, hasil belajarAbstract
Penggunaan metode, model, dan strategi pembelajaran yang kurang tepat membuat siswa menganggap bahwa pembelajaran biologi menjadi salah satu pembelajaran yang sulit untuk dipelajari dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tondano melalui penggunaan metode mind mapping. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dengan jumlah 31 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan persentase ketuntasan di siklus I yaitu 58,06% dengan nilai rata-rata 69,51 dan pada siklus II mendapatkan persentase ketuntasan sebesar 90,32% dengan nilai rata-rata 78,70. Penggunaan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa.