Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas XI di SMA Negeri 2 Tondano
Keywords:
Pembelajaran kontekstual, sistem pernapasan manusiaAbstract
Kurangnya pemahaman siswa terhadap pembelajaran biologi yang terlihat dari hasil belajar peserta didik yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual diĀ SMA Negeri 2 Tondano. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Tondano yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam II siklus dengan 3 sesi per siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 51,72% atau 15 siswa tuntas belajar klasikal, sedangkan siklus II tingkat ketuntasan belajar siswa 86,20% atau 25 siswa tuntas belajar klasikal. Penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia di SMA Negeri 2 Tondano tahun ajaran 2021/2022.