Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas X Di SMA Negeri 2 Tondano
Keywords:
Kooperaif tipe team assisted individualization, hasil belajarAbstract
Beberapa permasalahan ada di SMA Negeri 2 Tondano yaitu kekurangaktifan siswa dalam pembelajaran, minimnya kerjasama antar siswa, dan cara pembelajaran yang kurang menarik bagi peserta didik serta, sebagai langkah untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization di SMA Negeri 2 Tondano. Penelitian merupakan penetilian tindakan kelas mengunakan II siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas X IPA semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah peserta didik 24 orang, peserta didik terdiri dari 12 perempuan dan 12 laki-laki. Teknik pengumpulan data mengunakan tes hasil belajar dengan instrumen tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 47,50%. dan pada siklus II sebesar 87,5%. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.