Pengaruh Blog Sebagai Media Pembelajaran Biologi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA N 2 Tondano
Keywords:
Media pembelajaran blog, hasil belajarAbstract
Penggunaan media seperti blog menuntut konsekuensi dari pengajar untuk mampu mengoperasikannya dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI SMA N 2 Tondano dengan menggunakan blog sebagai media pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 2 Tondano tahun ajaran 2022/2023. Rancangan penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design. Metode analisis data dalam penelitian ini terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rerata hasil belajar postest kelas eksperimen sebesar 84 sedangkan nilai rerata hasil belajar siswa kelas kontrol model pembelajaran konvensional sebesar 79,4. Hasil belajar siswa dengan penggunaan blog sebagai media pembelajaran pada materi sistem reproduksi manusia lebih baik dari pada menggunakan metode pembelajaran konvensional di SMA Negeri 2 Tondano.