Pengaruh Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Secara Daring di SMA Negeri 2 Tondano
Keywords:
PBMP, android, laptop, hasil belajarAbstract
Pembelajaran daring masih menggunakan metode ceramah, peran guru lebih dominan, siswa menjadi pasif untuk ikut berpartisipasi dalam proses pembelajaran Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh penggunaan metode pembelajaran pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan secara daring pada mata pelajaran biologi materi Spermatophyta terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Tondano. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Sampel yang digunakan dalam ini yaitu kelas X IPA 1 terdiri dari 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 terdiri dari 24 siswa sebagai kelas kontrol. Nilai rata-rata pre-test di kelas kontrol 31.29 sedangkan nilai rata-rata pre-test pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 31.08. Selanjutnya nilai rata-rata posttest di kelas kontrol diperoleh sebesarĀ 74.87 sedangkan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 79.95. Penggunaan metode pembelajaran pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan terhadap peningkatan hasil belajar siswa secara daring pada materi Spermatophyta lebih baik dari metode ceramah.