Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa di SMA Negeri 1 Touluaan
Keywords:
Discovery learning, audio visual, hasil belajarAbstract
Penerapan media audio visual belum dimanfaatkan dengan baik dan sebagian besar guru masih hanya menggunakan visual seperti buku dan power point. Tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA negeri 1 Touluaan melalui pemanfaatan media audiovisual dengan model pembelajaran discovery learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 11 siswa atau 39,29% tuntas program pada siklus I, sedangkan 17 siswa atau 60,71% belum tuntas, sedangkan pada siklus kedua, terdapat 27 siswa yang tuntas atau mencapai 90% dan 3 siswa atau 10% yang belum tuntas. Penerapan model pembelajaran discovery learning menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Touluaan.