Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA N 2 Tondano
Keywords:
Problem based learning, keanekaragaman hayati, PTKAbstract
Pembelajaran biologi di kelas X IPA SMA N 2 Tondano masih bersifat teacher centered sehingga siswa tidak terlibat aktif, merasa bosan dan kurang menarik saat mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SMA Negeri 2 Tondano. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Tondano tahun ajaran 2021/2022 mata pelajaran Biologi materi keanekaragaman hayati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 46,6%, pada siklus II menjadi 86,6% dan pada siklus III sebesar 100%. Penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Tondano.