Flipped Classroom Model dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Katolik St. Thomas Aquino Manado

Authors

  • Dewi Andini Nagaring Universitas Negeri Manado
  • Marthy L.S. Taulu Universitas Negeri Manado
  • Masje Wurarah Universitas Negeri Manado

Keywords:

Flipped classroom, hasil belajar biologi, bakteri

Abstract

Guru masih menerapkan pembelajaran konvensional yaitu pembelajaran yang menggunakan metode ceramah, sedangkan siswa pasif hanya mendengarkan, mencatat, dan mengerjakan tugas dari guru serta pembentukan kelompok diabaikan, siswa kurang aktif di kelas dan kurangnya kerja sama baik antara siswa dengan siswa maupun siswa dengan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan  model pembelajaran  flipped classroom  pada pembelajaran biologi materi bakteri. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di SMA Katolik St. Thomas Aquino Manado. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X IPA yang berjumlah 18 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siklus I 16,66% dan ketuntasan siklus II 94,44%. Pembelajaran biologi materi bakteri dengan manggunakan flipped classroom dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2023-04-12

Issue

Section

Articles