Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Lembean Timur Kabupaten Minahasa
Keywords:
Creative Problem Solving (CPS), hasil belajarAbstract
Rendahnya kreativitas dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Lembean Timur. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas XII IPA SMA Negeri 1 Lembean Timur Kabupaten Minahasa dengan jumlah siswa 15 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I jumlah siswa yang tuntas ada 6 siswa atau (40%) dan yang tidak tuntas ada 9 siswa atau (60%), dan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas ada 13 siswa (86.66%) sedangkan yang belum tuntas ada 2 siswa atau (13.33%). Penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa.