Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Sistem Koordinasi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Langowan
Keywords:
Discovery learning, hasil belajar, sistem koordinasiAbstract
Pada mata pelajaran biologi, kemampuan siswa dalam memahami masalah yang menggabungkan konsep biologi masih lemah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Langowan. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas : Kelas XI IPA 1 dengan jumlah 20 siswa dan Kelas XI IPA 2 dengan jumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 84,7 sedangkan hasil belajar pada kelas kontrol sebesar 78,05. Penerapan model pembelajaran discovery learning di kelas XI IPA SMA Negeri 2 Langowan dapat meningkatkan hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan penggunaan metode pembelajaran konvensional.