Pengembangan Video Pembelajaran Biologi Materi Jaringan Hewan Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Tondano di Masa Pandemi Covid-19
Keywords:
Penelitian pengembangan, pandemi Covid-19, jaringan hewanAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan melihat kesesuaian antara produk yang dikembangkan dengan permasalahan yang didapatkan sekarang, khususnya di masa pandemi Covid-19 yang membuat proses pembelajaran terhambat karena pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran biologi dalam bentuk video animasi pada materi jaringan hewan yang layak dan dapat digunakan oleh guru dan peserta didik pada masa pandemi Covid-19. Model penelitian ini adalah penelitan pengembangan dengan menggunakan tahapan ADDIE pada proses pengembangan produk media video pembelajaran hanya dilakukan sampai tahapan implementasi. Model ini mencakup analisis, desain, pengembangan, implementasi. Tahapan implementasi yang meliputi uji coba terhadap siswa dan tahapan ini dilakukan pada uji coba kelompok kecil 5 sampai 10 siswa SMA Negeri 3 Tondano dan 5 sampai 10 siswa SMA Negeri 2 Tondano. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validasi yakni pada ahli materi mendapat nilai rerata 80%, hasil dari ahli media mendapat nilai rerata yakni 84,5%, dari guru mendapat nilai 90% dan dari uji coba terhadap peserta didik mendapatkan hasil meningkan hasil belajar. Dapat disimpulkan video pembelajaran ini sangat layak dan efekfif untuk diterapkan dalam pembelajaran.