Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Gerak Pada Manusia di SMP Kristen Senduk Kelas VIII
Keywords:
Hasil belajar, team assisted individualizationAbstract
Permasalahan yang ada pada penelitian ini yaitu rendahnya ketuntasan belajar siswa serta kurangnya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Kristen Senduk pada pokok bahasan sistem gerak manusia dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian 28 siswa Kelas VIII SMP Kristen Senduk yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Siklus prosedur penelitian tindakan kelas ini meliputi empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa atau (32,15%) dan yang tidak tuntas sebanyak 19 siswa atau (67,85%), dan pada Siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa. siswa (85,71%) dan sebanyak 4 siswa atau (14,29%) tidak tuntas. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe team assisted individualization dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Kristen Senduk.