Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Biologi Di SMP Negeri 3 Bolaang

Authors

  • Yeliana Paputungan Universitas Negeri Manado
  • Mariana Rengkuan Universitas Negeri Manado
  • Wiesye MS Nangoy Universitas Negeri Manado

Keywords:

Problem based learning, kemampuan berpikir kritis

Abstract

Pembelajaran sebagian besar dalam bentuk ceramah, dan siswa hanya mendengarkan penjelasan guru, tanpa partisipasi seluruh siswa. Riset ini bertujuan untuk mengkaji efek model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran biologi di SMP Negeri 3 Bolaang. Riset ini memakai metode eksperimen dengan desain penelitian pre test and post test control group design. Sampel terdiri atas dua kelas yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol yang masing-masing kedua kelas terdiri dari 13 orang siswa. Hasil riset menunjukkan bahwa nilai rerata pret test di kelas kontrol diperoleh sebesar 30 sedangkan nilai rerata pret test pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 37,69. Sedangkan nilai rerata post test di kelas kontrol diperoleh sebesar 72,30 dan nilai rerata post-test pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 82,30. Model pembelajaran PBL lebih baik dibanding dengan pembelajaran menggunakan ceramah terhadap hasil belajar di SMP Negeri 3 Bolaang.

Downloads

Published

2023-08-06