Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di SMA Negeri 1 Modayag
Keywords:
Hasil belajar biologi, learning cycle 5EAbstract
Proses belajar mengajar yang masih berpusat pada guru menjadi akar permasalahan sejak awal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap materi sistem pencernaan manusia di SMA negeri 1 Modayag. Riset ini memakai metode eksperimen dengan desain penelitian pre test and post test control group design. Kelas XI MIA 1 sebagai kontrol sedangkan kelas XI MIA 2 sebagai kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata hasil post test dengan skor 91,4 untuk kelas eksperimen sedangkan kelas kontrol sebesar 84,5. Hasil belajar siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Modayag yang diberi model pembelajaran learning cycle 5E lebih baik daripada metode ceramah.