Pengaruh Strategi Pembelajaran Think Talk Write Berbasis Wisata Lokal Konsep Ekosistem Danau Tondano Terhadap Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Remboken

Authors

  • FABIOLA YOHANA WOWOR Universitas Negeri Manado
  • HERRY MAURITS SUMAMPOUW Universitas Negeri Manado
  • Wiesye Nangoy Universitas Negeri Manado

Keywords:

Think talk write, wisata lokal, keterampilan metakognitif siswa

Abstract

ABSTRAK

 

Dalam proses pembelajaran didapati bahwa strategi pembelajaran masih belum bervariasi, sumber belajar yang digunakan oleh guru masih berfokus pada buku. Siswa juga merasa bosan selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh strategi pembelajaran Think Talk Write berbasis wisata lokal konsep ekosistem danau Tondano terhadap keterampilan metakognitif siswa kelas X di SMA Negeri 1 Remboken. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Remboken, sedangkan sampel penelitian adalah kelas X MIA1 dengan jumlah siswa 26 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIA2 dengan jumlah siswa 26 sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes akhir kelas menggunakan strategi pembelajaran think talk write sebesar 84,07 sedangkan kelas kontrol sebesar 73,54. Strategi pembelajaran think talk write berbasis Wisata Lokal Konsep Ekosistem Danau Tondano dapat meningkatkan  kemampuan metakognitif siswa.

 

ABSTRACT

 

In the learning process it was found that the learning strategies were still not varied, the learning resources used by the teachers were still focused on the book. Students also get bored during the learning process. This study aims to analyze the influence of Think Talk Write learning strategies based on local tourism concept of Tondano lake ecosystem on metacognitive skills of X grade students at SMA Negeri 1 Remboken. This research uses experimental method with pretest and posttest research design. The population in this study was grade X students of SMA Negeri 1 Remboken, while the study sample was grade X MIA1 with 26 students as an experimental group and grade X MIA2 with 26 students as a control group. The results showed that the mean score of the final class test using the think talk write learning strategy was 84.07 while the control class was 73.54. Think talk write learning strategies based on Local Tourism, the Ecosystem Concept of Lake Tondano can improve students' metacognitive abilities.

Downloads

Published

2021-01-27