Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kawangkoan

Authors

  • GLENDA APRILLIA BORORING Universitas Negeri Manado
  • FANNY NELLA NANLOHY Universitas Negeri Manado
  • VERAWATI IDA YANI RORING Universitas Negeri Manado

Keywords:

Problem based learning, hasil belajar, alat peraga

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi masalah yang ditemukan masalah yang ditemukan saat observasi di SMA Negeri 1 Kawangkoan bahwa siswa kurang meminati pembelajaran biologi dikarenakan cara belajar pada mata pelajaran biologi yang sebagian besar menghafal hal-hal penting dari isi materi yang diberikan sehingga siswa mudah bosan dan membuat proses belajar-mengajar menjadi pasif, salah satu masalah yang ingin diangkat oleh penulis dalam penelitian ini, yaitu masalah yang terjadi dalam materi sistem pernapasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa dibantu media alat peraga. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment. Sampel yang diambil dari 2 kelas yang homogen yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing 25 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil tes akhir menggunakan model pembelajaran PBL sebesar 83, rata-rata hasil tes akhir kelas kontrol sebesar 78. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media alat peraga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. 

 

 

ABSTRACT

This research is motivated by problems found during observations at SMA Negeri 1 Kawangkoan that students are less interested in learning biology due to the way learning in biology subjects mostly memorize important things from the content of the material provided so that students easily get bored and make the process. teaching-learning becomes passive, one of the problems that the author wants to raise in this study, namely problems that occur in the respiratory system material. This study aims to determine the effect of the Problem Based Learning (PBL) learning model on student learning outcomes assisted by visual aids. This research method is a quasi-experiment. Samples were taken from 2 homogeneous classes, namely class XI IPA 1 as the experimental class and class XI IPA 2 as the control class with 25 students each. The results showed that the average final test result using the PBL learning model was 83, the control class final test result average was 78. Problem Based Learning (PBL) learning model assisted by teaching aids has an effect on student learning outcome

Downloads

Published

2021-01-27