Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbasis Pemecahan Masalah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Biologi SMA N 2 Langowan
Keywords:
Direct instruction, hasil belajarAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini berdasarkan kurangnya pemahaman peserta didik pada pembelajaran biologi khususnya materi fungi (jamur), yang dikarenakan pembelajaran cenderung menggunakan model konvensional. Untuk mengatasi masalah ini perlu motivasi baru dengan menghadirkan model pembelajaran direct instruction. Tujuan penelitian untuk membahas pengaruh model pembelajaran direct instruction berbasis pemecahan masalah, terhadap hasil belajar siswa. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas X IPA berjumlah 43 peserta didik, dengan sampel kelas X IPA 1 adalah kelas eksperimen berjumlah 21 siswa, dan kelas X IPA 2 adalah kelas kontrol berjumlah 22 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group design. Data penelitian menggunakan uji t menunjukkan pengaruh model pembelajaran Direct Instruction dalam pembelajaran materi Fungi (Jamur) terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil tes akhir pada kelas eksperimen sebesar 85.04 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 76.63. Model pembelajaran Direct Instruction berbasis pemecahan masalah berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik.
ABSTRACT
This research is based on the understanding of learners on Animal network consept learning, which is caused by learning using conventional model. To overcome this problem needs new motivation by presenting Problem Solving Model. The objective of the study was to discuss the effect of Problem solving model on student learning outcomes. The population is all students of class X IPA style 43 students, with sample class X MIA 3 is experiment class 21 students, and class XI MIA 1 is the control class 22 students. The study design used was the design of the pretest-postest control group. Research data using t test show the influence of learning model Problem Solving based on biological learning to student learning outcomes. The results showed that the average final test result in the experimental class was 85.04 while the control class was 76.63. Direct Instruction learning model based on problem solving has a positive effect on student learning outcomes.