Pengaruh Strategi Pembelajaran Probing Prompting Materi Bryophyta Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 2 Siau Timur

Authors

  • EFLYN KAKALANG Universitas Negeri Manado
  • METILISTINA SASINGGALA Universitas Negeri Manado
  • FANNY NELLA NANLOHY Universitas Negeri Manado

Keywords:

Probing prompting, hasil belajar, bryophyta

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan sangat bermanfaat bagi manusia untuk mengembangkan dirinya agar mampu menghadapi setiap perubahan yang terjadi dari perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran probing prompting pada materi Bryophyta terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Siau Timur tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel yang digunakan adalah kelas X IPA 1 yang terdiri dari 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 yang terdiri dari 24 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dengan instrumen tes berupa soal essay. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 78,41 dan kelas kontrol 74,91. Selanjutnya data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t pada taraf signifikan 0,05 dan diperoleh hasil thitung 2,08 > ttabel 1,68 sehingga H0 ditolak dan terima H1. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran probing prompting berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

 

ABSTRACT

Education has benefited humans greatly in developing themselves to cope with every change that comes from scientific and technological development. The research was done to see how the use of the bryophyta learning strategy for probing matter of bryophyta towards of SMA Negeri 2 Siau Timur year 2020/2021The study employed experimental methods.he sample used is an X science 1 class of 24 students as an experimental class and an X science class made up of 24 students as a control class.The data-gathering technique USES the study results with the test instruments of the essay question.Studies show the average results of studying experiment class 78.41 and control class 74.91Further data from the research analysis using t tests ata significant 0.05 and was obtained with tcount  result 2.08 > ttable 1.68, thereby rejecting and receiving h1. The results came to the conclusion that the use of probing learning strategy affects the increasing results of students' learning.

 

Downloads

Published

2021-01-27