Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 2 Tondano

Authors

  • EGITA ZACHAWERUS Universitas Negeri Manado
  • DIENTJE FIEN PENDONG Universitas Negeri Manado
  • MEITY TANOR Universitas Negeri Manado

Keywords:

Hasil belajar, model, PBL

Abstract

ABSTRAK.

 

Penelitian ini termasuk penelitian eksperiment yang  bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learnig terhadap hasil belajar siswa Di SMA Negeri 2 Tondano tahun ajaran 2020/2021. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XII IPA 1 terdiri dari 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan XII IPA 2 terdiri dari 20 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dengan instrument tes berupa soal pilihan ganda dan essay. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 84,95 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 64,20. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik uji independent t-test pada taraf perhitungan signifikan 0,05 dan diperoleh nilai 0,000 > α 0,05 dan thitung 4.7599 > Ttabel 1.6686 dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar sis

ABSTRACT

This research includes experimental research that aims to determine the effect of problem based learning models on student learning outcomes at SMA Negeri 2 Tondano in the academic year 2020/2021. The sample used in this study was class XII IPA 1 consisting of 20 students as the experimental class and XII IPA 2 consisting of 20 students as the control class. The data collection technique used a learning outcome test with test instruments in the form of multiple choice questions and essays. The results showed that the average value of the experimental class learning outcomes was 84.95 while the control class average value was 64.20. The research data were analyzed using the independent t-test statistical test at a significant calculation level of 0.05 and obtained a value of 0.000> α 0.05 and tcount 4.7599> Ttable 1.6686 from these results it can be concluded that the use of problem-based learning models has a significant effect on improving results. student learning.

Downloads

Published

2021-01-27