Pengaruh Pembelajaran Problem Basic Instruction (PBI) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Langowan

Authors

  • SILVIA TELESE Universitas Negeri Manado
  • MARTHY LINGKAN STELLA TAULU Universitas Negeri Manado
  • JEFFRY RATURANDANG Universitas Negeri Manado

Keywords:

CTL, hasil belajar, PBI

Abstract

ABSTRAK

Banyak usaha yang telah dilakukan dalam meningkatkan kualitas pendidikan nasional melalui berbagai macam-macam penelitian dan peningkatan kualitas para guru, penyempurnaan kurikulum, pengadaan buku pelajaran dan alat pengajaran, perbaikan sarana dan prasarana pendidikan lainya dan peningkatan mutu manajemen sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengeruh implementasi pembelajaran PBI berbasis CTL terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 2 Langowan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 2 Langowan dengan menggunakan desain pretest and posttest randomized control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Langowan. Jumlah sampel pada kelompok eksperimen 22 siswa dan kelompok control 22 siswa. Teknik pengumpulanan data menggunakan pretest dan posttest. Dari hasil pengelolahan data diperoleh  >  (7,00 > 2,01808) dengan kata lain  diterima. Penelitian ini dapat disimpulakan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran PBI berbasis CTL terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 2 Langowan.

 

 

 

 

ABSTRACT

Many efforts have been made to improve the quality of national education through various types of research and improvement of the quality of teachers, improvement of programs, purchase of textbooks and teaching tools, improving other educational facilities and infrastructure and improving the quality of school management. This study aims to determine the effect of implementing CTL-based PBI learning on improving student learning outcomes on biodiversity material at SMA Negeri 2 Langowan. This research was conducted in the SMA Negeri 2 Langowan class using a pre-test and post-test randomized control group. The population of this study were all students of the X SMA Negeri 2 Langowan class. The number of samples in the experimental group was 22 students and the control group was 22 students. The data collection techniques used pre-test and post-test. From the results of the data processing, we get that t table> t table (7.00> 2.01808) in other words H_0 is accepted. It can be concluded from this research that there is an effect of CTL-based PBI learning on improving student learning outcomes on biodiversity material at SMA Negeri 2 Langowan.

Downloads

Published

2021-01-27