Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Motoling
Keywords:
Discovery learning, hasil belajarAbstract
Model pembelajaran discovery learning merupakan model pembelajaran yang mengajak siswa untuk mampu mengorganisasi sendiri masalah yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Motoling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dan kelas XI IPA 3 sebagai kelompok kontrol yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata skor kelompok eksperimen sebesar 83, sedangkan rerata skor pada kelompok kontrol diperoleh 78. Model pembelajaran discovery learning menggunakan video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Motoling.