Kesesuaian Komponen Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 6 Tondano
Keywords:
Kesesuaian RPP, Kooperatif STAD, Hasil BelajarAbstract
Peneliti melakukan penelitian ini karena terdapat ketidaksesuaian model pembelajaran beserta rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang diterapkan disekolah, dan juga terdapat rendahnya hasil belajar oleh siswa-siswa yang ada di sekolah. Tujuan penelitian ini ialah 1. Mengetahui kesesuaian komponen atau tahapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan RPP 2. Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen beserta skema penelitian pretest posttest control grub desain.Teknik pengambilan sampel adalah random sumpling dan memperoleh untuk kelas eksperimen kelas VIII A sedangkan untuk kelas kontrol ialah kelas VIII B.Teknik uji hipotesis yang peneliti gunakan ialah uji independent sampel T-test. Berdasarkan temuan penelitian dapat dikatakan demikian : 1. Kesesuaian RPP dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD 2. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran IPA Biologi dengan materi struktur dan fungsi akar, batang, daun, bunga, buah dan biji berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa VIII SMP N 6 Tondano.

