Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Remboken

Authors

  • Anggitha D. Patricia Seleng Universitas Negeri Manado
  • Rudi A Repi Universitas Negeri Manado
  • Debby J.J. Rayer Universitas Negeri Manado

Keywords:

Hasil belajar, kooperatif tipe think-pair-share

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 1 Remboken dengan teknik wawancara ditemukan kelemahan dalam proses pembelajaran dan respon siswa yang mempengaruhi hasil belajar siswa kurang optimal khususnya dalam pembelajaran biologi pada beberapa materi termasuk materi sistem imun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif  think-pair-share terhadap hasil belajar siswa tentang materi sistem imun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan dirancang sebagai eksperimen dengan pre-test post-test control group. Dalam penelitian ini, 20 siswa dari kelas XI IPA 1 digunakan sebagai kelas kontrol dan 20 siswa dari kelas XI IPA 2 digunakan sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa di kelas eksperimen adalah 81, sedangkan di kelas kontrol adalah 63,5. Model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share memiliki dampak terhadap peningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2024-03-04

Issue

Section

Articles