Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi
Keywords:
Problem based learning, power point, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan Power Point terhadap hasil belajar siswa pada Pembelajaran Biologi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain penelitian Non equivalent control group design. Populasi sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yakni kelas XI IPA 1 berjumlah 20 siswa dan kelas X1 IPA 2 berjumlah 20 siswa. Nilai rata-rata pret-test di kelas kontrol diperoleh sebesar 36,9 sedangkan nilai rata-rata pret-test pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 42,35. Selanjutnya, nilai rata-rata post-test di kelas kontrol diperoleh sebesar 78,25 sedangkan nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 82,85. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai thitung (3,157) > ttabel (2,024). Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan Power Point pada Pembelajaran Biologi.