Pengaruh Model Pembelajaran Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP N Adow Pinolosian
Keywords:
Pembelajaran biologi, jelajah alam sekitar, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran pendekatan jelajah alam sehitar (JAS) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP N Adow Pinolosian pada mata pelajaran biologi materi jaringan tumbuhan, akar, batang dan daun. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N Adow Pinolosian yang berjumlah 30 siswa dengan pembagian secara random yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelas A berjumlah 15 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas B berjumlah 15 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Dari perhitungan pengujian hipotesis penelitian diperoleh thitung senilai 2,179. Berdasarkan tabel distribusi t pada α = 0,05 dengan dk = n1 + n2 – 2 = 15 + 15 – 2 = 28, maka diperoleh nilai ttabel = 2,048. Jadi thitung lebih besar dari ttabel yaitu thitung = 2,179 > ttabel = 2,048. Kesimpulan dalam penelitian ini pada model pembelajaran pendekatan jelajah alam sehitar (JAS) dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan, akar, batang dan daun pada siswa kelas VIII SMP N Adow Pinolosian.