Implementasi Pembelajaran Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan Menggunakan Drosophila Melanogaster Berbasis PBL di SMA Khatolik Rosa Delima Tondano

Authors

Keywords:

Problem based learning, hasil belajar

Abstract

Temuan penelitian ini mengungkap beberapa permasalahan antara lain kurangnya hasil belajar siswa dan kurangnya variasi pendekatan pembelajaran Penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah PBL berdampak signifikan terhadap peningkatan pemahaman siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan hewan Penelitian ini yang merupakan Penelitian Tindakan Kelas PTK dalam tiga siklus melibatkan peserta didik dari kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 Metode pengumpulan data mencakup observasi tes evaluasi wawancara dan pencatatan lapangan Analisis hasil menunjukkan konsistensi peningkatan prestasi siswa setiap siklus Awalnya hanya 7 siswa 26 92 yang mencapai ketuntasan pada siklus pertama meningkat menjadi 17 siswa 65 38 pada siklus kedua dan bahkan mencapai 23 siswa 88 46 pada siklus ketiga Rekomendasi berdasarkan temuan ini menekankan keefektifan PBL sebagai alternatif yang potensial untuk meningkatkan pemahaman siswa khususnya dalam konteks materi struktur dan fungsi jaringan hewan < p>

References

Downloads

Published

2024-06-25