Implementasi Pembelajaran Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan Menggunakan Drosophila Melanogaster Berbasis PBL di SMA Khatolik Rosa Delima Tondano
Keywords:
Problem based learning, hasil belajarAbstract
Temuan penelitian ini mengungkap beberapa permasalahan, antara lain kurangnya hasil belajar siswa, dan kurangnya variasi pendekatan pembelajaran. Penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) berdampak signifikan terhadap peningkatan pemahaman siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan hewan. Penelitian ini, yang merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam tiga siklus, melibatkan peserta didik dari kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4. Metode pengumpulan data mencakup observasi, tes evaluasi, wawancara, dan pencatatan lapangan. Analisis hasil menunjukkan konsistensi peningkatan prestasi siswa setiap siklus. Awalnya, hanya 7 siswa (26,92%) yang mencapai ketuntasan pada siklus pertama, meningkat menjadi 17 siswa (65,38%) pada siklus kedua, dan bahkan mencapai 23 siswa (88,46%) pada siklus ketiga. Rekomendasi berdasarkan temuan ini menekankan keefektifan PBL sebagai alternatif yang potensial untuk meningkatkan pemahaman siswa, khususnya dalam konteks materi struktur dan fungsi jaringan hewan.