Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMA Negeri 2 Tondano

Authors

Keywords:

Blended Learning, klasifikasi makhluk hidup, PTK

Abstract

nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; Permasalahan dalam pembelajaran Biologi nbsp; yaitu proses pembelajaran masih berpusat pada guru; Rendahnya hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup; Guru belum menggunakan model pembelajaran yang mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan seperti model Blended Learning< em> Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X dengan menggunakan model pembelajaran Blended Learning< em> pada materi klasifikasi makhluk hidup di SMA Negeri 2 Tondano Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas PTK hasil penelitian siklus I dan siklus II diperoleh nilai rata rata pra siklus I 38 4 dan presentase ketuntasan belajar adalah 0 ; pada hasil siklus I diperoleh nilai rata rata 81 86 dan presentase ketuntasan belajar adalah 66 6 dimana siswa yang tuntas belajar ada 10 siswa dengan memperoleh nilai sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal KKM 80 atau diatas rata rata KKM Pada siklus II diperoleh nilai rata rata pra siklus II 83 13 dan presentase ketuntasan belajar adalah 80 ; pada hasil siklus II diperoleh nilai rata rata 84 8 dan presentase ketuntasan belajar adalah 100 dimana siswa yang tuntas belajar ada 15 siswa dengan memperoleh nilai sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal KKM 80 Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Blended Learning< em> pada materi klasifikasi makhluk hidup di SMA Negeri 2 Tondano dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X < p>

References

Downloads

Published

2024-06-25