Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Sirkulasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Tondano
Keywords:
Inkuri terbimbing, hasil belajarAbstract
Berdasarkan hasil wawancara di SMA Negeri 1 Tondano terdapat berbagai permasalahan yaitu siswa merasa jenuh dan bosan sehingga tidak memperhatikan guru ketika sedang menjelaskan di depan kelas. Model inkuiri terbimbing belum dipergunakan secara maksimum dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem sirkulasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimen dan rancangan kelompok pretest-test dan post-test design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tondano yang terdiri dari 1 kelas yang berjumlah 32 siswa. Sampel penelitian ditentukan kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata nilai tes akhir sebesar 83.65 sedangkan rerata nilai tes awal sebesar 65.25. Penerapan inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa.