Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Praktikum Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Di Kelas XI SMA Negeri 2 Manado
Keywords:
Problem based learning, praktikum, hasil belajarAbstract
Penggunaan metode mengajar yang kurang variatif dan tidak maksimalnya pelaksanaan kegiatan penunjang pembelajaran seperti kegiatan praktikum dapat membuat rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian adalah mengetahui penggunaan model pembelajaran PBL berbasis praktikum dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan di kelas XI SMA Negeri 2 Manado. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Manado selama 3 bulan mulai dari bulan Maret 2023 sampai Mei 2023, dengan menggunakan metode eksperimen semu. Sampel dalam penelitian adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas diberikan tes hasil belajar berupa pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes akhir kelas kontrol sebesar 46,3 sedangkan hasil akhir kelas eksperimen sebesar 81,63. Penerapan model pembelajaran PBL berbasis praktikum dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan di kelas XI SMA Negeri 2 Manado lebih baik daripada pembelajaran konvensional.