Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik
Keywords:
Problem based learning, mind mapping, hasil belajarAbstract
Hasil observasi dengan teknik wawancara terhadap guru mata pelajaran biologi kelas X di SMA Negeri 2 Tondano peserta didik kesulitan untuk mengerti materi keanekaragaman hayati yang dijelaskan oleh guru biologi karena metode pembelajaran yang diterapkan yaitu metode konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMA Negeri 2 Tondano. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi eksperimental) melalui penggunaan desain penelitian group pre-test dan post-test. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen 91,5 sedangkan pada kelas kontrol 61,25. Hasil belajar biologi peserta didik pada materi keanekaragaman hayati melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan mind mapping lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional.