Analisis pemanfaatan aplikasi Edmodo oleh guru biologi dan peserta didik dalam pembelajaran daring di SMA Negeri 3 Tondano Pada Masa Pandemi Covid-19
Keywords:
Aplikasi Edmodo, interpretatif, Covid-19Abstract
Hasil pertemuan dan persepsi yang dilakukan dengan para pendidik mata pelajaran IPA di SMA Negeri 3 Tondano menunjukkan bahwa aplikasi Edmodo sangat bermanfaat dalam pengalaman pendidikan di masa pandemi virus Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keunggulan aplikasi Edmodo untuk pendidikan biologi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian ekspositori, yang digunakan untuk penelitian pendahuluan dan berfungsi untuk menjelaskan dan mendefinisikan suatu masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ujian penggunaan aplikasi edmodo oleh pendidik dan peserta didik, diperoleh tingkat kualifikasi utama oleh pendidik yaitu 77,50% dalam klasifikasi yang sesuai sedangkan siswa mendapat nilai 75,09% dalam klasifikasi yang layak. Analisis pemanfaatan aplikasi Edmodo oleh guru biologi dan peserta didik dalam pembelajaran daring di SMA Negeri 3 Tondano pada masa pandemi Covid-19 sesuai untuk digunakan guru dan peserta didik.