Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Yuliana Intan Felanya Universitas PGRI Yogyakarta
  • Henry Aditia Rigianti Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.53682/jce.v8i1.10078

Keywords:

Permainan, Wordwall, Evaluasi

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan game interaktif Wordwall dalam evaluasi mata pelajaran Pendidikan Pancasila untuk siswa Sekolah Dasar. Wordwall merupakan salah satu media interaktif yang efektif digunakan dalam rangka meningkatkan semangat dan aktivitas belajar peserta didik. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup observasi, wawancara, dan metode dokumentasi. Proses analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di SDN 1 Sribitan menunjukkan bahwa penggunaan game interaktif Wordwall dalam evaluasi mata pelajaran Pendidikan Pancasila memiliki dampak positif signifikan terhadap minat dan pemahaman siswa. Fitur “open the box” meningkatkan keterlibatan siswa, membuat proses evaluasi lebih menarik dan interaktif. Namun, beberapa kendala seperti kebutuhan akan jaringan Wi-Fi yang stabil,masalah keterbacaan pertanyaan, dan disiplin siswa mengurangi efektivitasnya

References

Aeni, A. N., Djuanda, D., Maulana, M., Nursaadah, R., & Sopian, S. B. P. (2022). Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Mater Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1835–1852. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9313

Aini, A. N., & Rulviana, V. (2023). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep IPS Siswa Melalui Media Game Interaktif Wordwall. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1038–1048.

Alzana, A. W., & Harmawati, Y. (2021). Pendidikan Pancasila sebagai pendidikan multikultural. Citizenship: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(1), 51–57.

Anugrah, A., Istiningsih, S., & Zain, M. I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Game Edukasi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI SDN 48 Cakranegara. PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(3), 208–216.

Dewi, P. I. A., & Sedana, I. M. (2023). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Pada Program Moving Class Di Sman 4 Singaraja. PINTU: Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2).

Fidya, I., Romdanih, & Oktaviana, E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Media Game Interaktif Wordwall. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III SEMNARA, 219–227.

Gularso, D., Suryantari, H., & Rigianti, H. A. (2021). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Kemampuan Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 100-118.

Kaharuddin. (2021). Kualitatif: Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 1–8.

Mulyatiningsih, E. (2023). Metode Penelitian Dasar untuk Penulisan Tugas Akhir di Perguruan Tinggi. Relasi Inti Media: Yogyakarta.

Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346–354. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41223

Rasyid, F. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif: Teori, Metode, Dan Praktek. IAIN Kediri Press: Kediri.

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Sari, A. N., Kholida, A., Firdaus, D. N., & Trisnawati, P. (2023). Penggunaan Media Wordwall sebagai Evaluasi Pembelajaran Organ Pernapasan pada Hewan Kelas V di SDN 3 Nagri Kaler. Journal on Education, 5(2), 1965–1973. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.838

Sahiu, S., & Wijaya, H. (2017). Hubungan Motivasi Belajar Ekstrinsik Terhadap Hasil Belajar Psikomotorik Pada Mata Pelajaran Agama Kristen Kelas V Di SD Zion Makassar. Jurnal Jaffray, 15(2), 231–248. https://doi.org/10.25278/jj71.v15i2.262

Sinaga, Y. M., & Soesanto, R. H. (2022). Upaya Membangun Kedisplinan melalui Media Wordwall dalam Pembelajaran Daring pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1845–1857. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.1617

Triyani, R. (2023). Penggunaan Game Interaktif Berbasis Wordwall sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Siswa SMP. Intellectual Mathematics Education (IME), 1(1), 40–49. https://doi.org/10.59108/ime.v1i1.24

Zainudin, & Ubabuddin. (2023). Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Sebagai Objek Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik. Islamic Learning Journal (Jurnal Pendidikan Islam), 1(3), 915–931.

Zalillah, D., & Alfurqan. (2022). Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 17 Gurun Laweh Padang. Manazhim: Jurnal Manajemen Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 491–504. https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i2.1996

Published

2024-06-30

How to Cite

Felanya, Y. I. ., & Rigianti, H. A. . (2024). Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas II Sekolah Dasar. Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 52-59. https://doi.org/10.53682/jce.v8i1.10078