Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas II Sekolah Dasar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/jce.v8i1.10078

Keywords:

Permainan, Wordwall, Evaluasi

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan game interaktif Wordwall dalam evaluasi mata pelajaran Pendidikan Pancasila untuk siswa Sekolah Dasar Wordwall merupakan salah satu media interaktif yang efektif digunakan dalam rangka meningkatkan semangat dan aktivitas belajar peserta didik Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup observasi wawancara dan metode dokumentasi Proses analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian di SDN 1 Sribitan menunjukkan bahwa penggunaan game interaktif Wordwall dalam evaluasi mata pelajaran Pendidikan Pancasila memiliki dampak positif signifikan terhadap minat dan pemahaman siswa Fitur open the box< em> meningkatkan keterlibatan siswa membuat proses evaluasi lebih menarik dan interaktif Namun beberapa kendala seperti kebutuhan akan jaringan Wi Fi yang stabil masalah keterbacaan pertanyaan dan disiplin siswa mengurangi efektivitasnya< p>

References

Aeni A N Djuanda D Maulana M Nursaadah R Sopian S B P 2022 Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Mater Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Sd Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11 6 1835 1852 https: doi org 10 33578 jpfkip v11i6 9313

Aini A N Rulviana V 2023 Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep IPS Siswa Melalui Media Game Interaktif Wordwall Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9 1 1038 1048

Alzana A W Harmawati Y 2021 Pendidikan Pancasila sebagai pendidikan multikultural Citizenship: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan 9 1 51 57

Anugrah A Istiningsih S Zain M I 2022 Pengembangan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Game Edukasi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI SDN 48 Cakranegara PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar 2 3 208 216

Dewi P I A Sedana I M 2023 Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Pada Program Moving Class Di Sman 4 Singaraja PINTU: Jurnal Penjaminan Mutu 3 2

Fidya I Romdanih Oktaviana E 2021 Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Media Game Interaktif Wordwall Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III SEMNARA 219 227

Gularso D Suryantari H Rigianti H A 2021 Dampak Pembelajaran Daring terhadap Kemampuan Anak Usia Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara 7 1 100 118

Kaharuddin 2021 Kualitatif: Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi Equilibrium: Jurnal Pendidikan 9 1 1 8

Mulyatiningsih E 2023 Metode Penelitian Dasar untuk Penulisan Tugas Akhir di Perguruan Tinggi Relasi Inti Media: Yogyakarta

Pamungkas W A D Koeswanti H D 2022 Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 4 3 346 354 https: doi org 10 23887 jippg v4i3 41223

Rasyid F 2022 Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif: Teori Metode Dan Praktek IAIN Kediri Press: Kediri

Rosmana P S Iskandar S Sari A N Kholida A Firdaus D N Trisnawati P 2023 Penggunaan Media Wordwall sebagai Evaluasi Pembelajaran Organ Pernapasan pada Hewan Kelas V di SDN 3 Nagri Kaler Journal on Education 5 2 1965 1973 https: doi org 10 31004 joe v5i2 838

Sahiu S Wijaya H 2017 Hubungan Motivasi Belajar Ekstrinsik Terhadap Hasil Belajar Psikomotorik Pada Mata Pelajaran Agama Kristen Kelas V Di SD Zion Makassar Jurnal Jaffray 15 2 231 248 https: doi org 10 25278 jj71 v15i2 262

Sinaga Y M Soesanto R H 2022 Upaya Membangun Kedisplinan melalui Media Wordwall dalam Pembelajaran Daring pada Siswa Sekolah Dasar Jurnal Basicedu 6 2 1845 1857 https: doi org 10 31004 basicedu v6i2 1617

Triyani R 2023 Penggunaan Game Interaktif Berbasis Wordwall sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Siswa SMP Intellectual Mathematics Education IME 1 1 40 49 https: doi org 10 59108 ime v1i1 24

Zainudin Ubabuddin 2023 Ranah Kognitif Afektif dan Psikomotorik Sebagai Objek Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik Islamic Learning Journal Jurnal Pendidikan Islam 1 3 915 931

Zalillah D Alfurqan 2022 Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 17 Gurun Laweh Padang Manazhim: Jurnal Manajemen Dan Ilmu Pendidikan 4 2 491 504 https: doi org 10 36088 manazhim v4i2 1996

Published

2024-06-30

How to Cite

Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas II Sekolah Dasar. (2024). Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 52 59. https://doi.org/10.53682/jce.v8i1.10078