Pengembangan Sumber Daya Manusia Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh
DOI:
https://doi.org/10.53682/jce.v8i1.10079Keywords:
Sumber Daya Manusia, Guru, Teknologi, Pengembangan PembelajaranAbstract
Pengembangan sumber daya manusia menjadi salah satu upaya penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan itu maka guru menjadi figur utama yang harus dijadikan objek dalam pengembangan sumber daya manusia. Melihat kondisi dan perkembangan teknologi digital dan teknologi informasi yang semakin maju, tuntutan kompetensi guru juga harus mengikuti perkembangan itu, sehingga sebagai guru perlu mengikuti perkembangan teknologi agar mampu menerapkannya dalam pembelajaran. Pengalaman covid 19 telah memberikan peringatan bahwa guru harus mampu menggunakan berbagai aplikasi berbasis teknologi digital dalam pembelajaran, seperti aplikasi zoom meeting, google classroom, whatsapp, serta aplikasi lainnya yang relevan dengan kondisi. Pengembangan Sumber daya manusia dalam pembelajaran di SD GP Berea Tondano dilakukan dengan mengoptimalkan peran guru dalam pembelajaran dengan menggunakan beragam aplikasi yang tersedia.
References
Abu Hamadi. (2007). Sosiologi Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta
A.R. Tilaar (2012). Kaleidoskop Pendidikan Nasional. PT. Gramedia. Jakarta
Buchari, Mochtar (1988). Ilmu Pendidikan dan Praktek Pendidikan dalam Renungan. IKIP Muhammadiyah Press. Jakarta.
Bush, Tony Dan Marianne Coleman (2006). Leadership And Strategic Management In Education. Terj. Fahrurrozi, Yogyakarta: IRCiSoD.
Daryanto. (1997). Kamus Indonesia Lengkap. Surabaya: Apollo.
Darwis A. Soelaiman (2000). Pendidikan Ilmu Filsafat. Mimbar Pendidikan Filsafat Ilmu Pendidikan Untuk Indonesia Masa Kini dan Masa Depan. Universitas Syiah Kuala Banda Aceh No.3/XlX/2000.
Depdiknas (2007). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Konsep dan Pelaksanaan. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Djojonegoro, Wardiman. (1995). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia untuk Pembangunan. Jakarta: Depdikbud.
D. Keegan. (1986). The Foundation of Distance Education. London: Croom Helm.
Edward, Sallis (1993). Total Quality Management in Education civildatas.com.
Mulyasa (2004). Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa (2013). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Handoko, T. Hani. (2008). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Liberty: Yogyakarta.
Hariandja, M. T. Efendi. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Grasindo: Jakarta.
Hasan, M. Iqbal. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Hasibuan, Malayu S.P. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Hendyat, Soetopo & Wasty, Soemantio. (1982). Pengembangan Sumberdaya. Jurnal Unsrat.
James. M. Helsin. (2006:10). Sosiologi Dengan Pendekatan Membumi. Jakarta. Penerbit Erlangga.
Kaito. (1998). Penerapan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh keseluruh penjuru dunia. UNNES.
Kartadinata, Sunaryo. (1997). Pendidikan dan Pengembangan SDM Bermutu Memasuki Abad XXI. Purwokerto: Makalah Konvensi.
Lilawati, A. (2021). Jurnal Obsesi: Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5 Issue 1. www.researchgate.net publication.
Malayu, Hasibuan. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Malayu, Hasibuan (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Jakarta: Bumi
Mangkunegara, A. P. (2009). Perencanaan dan Pengembangan SDM. Bandung: Refika Aditama.
Manulang, M. (1990). Dasar‐dasar Manajemen, Jakarta : Ghalia Indonesia.
Moleong, Lexy J. (1986). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moekijat. (1991). Latihan dan Pengembangan SDM Edisi ke- 4. Bandung: PT Mandar Maju.
Munir (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan. Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Yamin (2009:19). Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan, Yogyakarta: Diva Press.
Nasution (2001). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurdin. (2017). Penerapan Sistem Pembelajaran Jark Jauh. Suatu metode pembelajaran yang menggunakan korespondensi sebagai alat komunikasi antara pengajar dengan siswa di tambah
Sedarmayanti. (2008). Pengembangan sumber daya manusia adalah upaya berkesinambungan meningkatkan mutu sumber daya. https://media. neliti.com.
Siagian, Sondang P. (1998). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Silalahi. (2000). Strategi Pemberdayaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam arti yang seluas-luasnya melalui pendidikan, latihan dan pembinaan. Journal Unsrat.
Simamora, Henry. (2004). Manajemen SDM Edisi ke-3. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.
Simamora, Henry. (2006). Manajemen Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto (1988). Pengelolaan kelas dan siswa. Jakarta: CV. Rajawali.
Sutiyono (2010:42). Pendidikan Seni Sebagai Basis Pendidikan Karakter Multikulturalis dalam Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan, No. XXIX. Edisi Khusus Dies Natalis UNY, Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia D.I. Yogyakarta.
Syafaruddin. (2002). Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan Konsep, Strategi, dan Aplikasi. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Tjutju, Yuniarsih & Suwanto. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia, Teori, Aplikasi, dan Isu Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Warsita, Bambang. (2011). Pendidikan Jarak Jauh. Bandung: PT Remaja.