Pemaknaan Melemahnya Implementasi Nilai Pancasila bagi Mahasiswa Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi UPI
DOI:
https://doi.org/10.53682/jce.v8i1.10089Keywords:
Nilai-nilai Pancasila, Era Globalisasi, Mahasiswa, Universitas Pendidikan Indonesia, Penelitian KualitatifAbstract
Era globalisasi membawa dampak kompleks bagi masyarakat Indonesia, di samping manfaat, juga menimbulkan tantangan terhadap nilai-nilai Pancasila. Rasa nasionalisme dan kebangsaan meredup seiring meredupnya cinta tanah air dan minimnya pemahaman generasi muda terhadap nilai-nilai budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai Pancasila yang dimiliki oleh mahasiswa di Universitas Pendidikan Indonesia dan sejauh mana era globalisasi mempengaruhi implementasi nilai-nilai Pancasila di kalangan mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi literatur. Wawancara dilakukan kepada mahasiswa program studi Perpustakaan dan Sains Informasi, Universitas Pendidikan Indonesia. Studi literatur dilakukan dengan mengumpulkan referensi dari penelitian terdahulu yang relevan dengan tema penelitian. Penelitian ini bermanfaat untuk mendukung pemahaman generasi muda akan nilai-nilai Pancasila dan mengukur sejauh mana era globalisasi mempengaruhi implementasi nilai-nilai Pancasila di kalangan mahasiswa.
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Aifha, D. R. N., Nulfadli, D. R. I., & Santoso, G. (2022). Prinsip-Prinsip Filsafati Pancasila Sebagai Dasar Negara (Philosofische Grondslag, Weltanschauung) Republik Indonesia. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(2), 51-67.
Aulia, A., & Dewi, D. (2022). Peran Pancasila dalam Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme dan Patriotisme Generasi Muda di Era Globalisasi. Journal on Education, 4(4), 1097-1102. https://doi.org/10.31004/joe.v4i4.514
Jiwandono, I. S., & Nurbeni, I. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Fungsi Pancasila Sebagai weltanschauung Dalam Upaya mengatasi merosotnya nilai kebangsaan. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2).
https://doi.org/10.30651/else.v3i2.3166
Kristina, A. (2024). Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif. Deepublish.
Oktari, D., & Dewi, D. A. (2021). Pemicu lunturnya nilai pancasila pada generasi milenial. JURNAL PEKAN: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 93-103. https://doi.org/10.31932/jpk.v6i1.1170
Semadi, Y. P. (2019). Filsafat Pancasila Dalam pendidikan di Indonesia menuju Bangsa Berkarakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 82–89.
https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21286
Taqiuddin, H. U., & Suriadiata, I. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Kegiatan Kemahasiswaan di Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat. Retorika: Journal of Law, Social, and Humanities, 1(1), 14-26.
Widiyono, S. (2021). Pengembangan Nasionalisme Generasi Muda di Era Globalisasi. POPULIKA, 7(1), 12–21.