Pendidikan Kewarganegaraan di Era Digital : Membangun Keadaban Warganet Indonesia

Authors

  • Akmalludin Akmalludin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Cesya Hanifa Febryerko Universitas Pendidikan Indonesia
  • Najmina Nasywa Syamila Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yusvin Andyani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Istiqomah Putri Lushinta Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53682/jce.v8i1.10093

Keywords:

Era digital, Keadaban, Kewarganegaraan, Penddikan, Warganet

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi di era digital ini telah membuat manusia menjadi tidak dapat dipisahkan dengan teknologi pada kehidupan sehari-hari. Artikel ini membahas pentingnya pendidikan kewarganegaraan (PKn) dalam mengatasi tantangan interaksi antar manusia yang semakin didominasi oleh media digital. Penulisan artikel ini bertujuan agar warganet dapat mengkonsumsi informasi online secara kritis, dan bertanggungjawab dengan melibatkan mereka secara aktif pada diskusi sosial dan politik secara online yang lebih positif. Artikel ini berfokus pada nilai-nilai Pancasila, khususnya sila kedua “Kemanusiaan yang adil dan beradab”, serta menekankan pentingnya pendidikan kewarganegaraan untuk mendidik individu yang beradab di era digital. Meski pendidikan kewarganegaraan memegang peranan penting, Indonesia masih menghadapi tantangan pada tingkat peradaban digital, terutama dalam hal kurangnya kedisiplinan dan literasi digital di kalangan pengguna internet. Hasil dari penelitian ini yaitu mengkaji tentang pentingnya keadaban sebagai pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam Pendidikan Kewarganegaraan di era digital. Dengan menggabungkan konsep kewarganegaraan global dan kewarganegaraan digital,  pendidikan kewarganegaraan diharapkan menjadi solusi bagi warganet di Indonesia untuk berperilaku seimbang dan bertanggung jawab demi memperkuat dan menjaga keadaban di  era globalisasi dan digitalisasi yang semakin meningkat.

References

Amanullah, M. A., Suryani, N., & Ardianto, D. T. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan (Citizenship) sebagai Sarana Mewujudkan Warga Negara yang Beradab (Good Citizenship). Seminar Nasional Pendidikan 2019.

Amelia, A., & Rudiansyah, R. (2021). Digitalisasi dan pembelajaran bahasa di era digital.

Asosiasi penyelenggara Jasa internet Indonesia. (n.d.). https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia- tembus-221-juta-orang

Awaliah, F. P., & Dewi, D. A. (2021). Pembelajaran Pendidikan Kewargangeraan sebagai Upaya Meningkatkan Moralitas Anak. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 22-29. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5983

Destari, Dina. (2023). Pendidikan Global di Era Digital : Transformasi Dalam Skala Internasional. Jurnal Pendidikan West Science. 1(8).

Fitriani N.A., Dinie A.D., dan Yayang F.F. (2021). Pentingnya Pembelajaran PKn Dalam Membentuk Nilai Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai 5(3).

Hartono R., S., W., & Hasan D. (2020). Studi Literatur : Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Software Autocad. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan. 6(1).

Irawati R. A. (2023). Strategi Ketidak Santunan Sarkasme Warganet Pada Kolom Komentaer Instagram Gnjar Pranowo. DIGLOSIA. 6(3).

Janatin, R. P., & Kurnia, M. D. (2022). Upaya Pengembangan Karakter pada Generasi Muda di Era Digital. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 1(2), 109-115. https://dx.doi.org/10.30734/jr.v1i2.2885

Khairunisa, W., Febrian, A., Sundawa, D., & Rahmat, R. (2024). Membangun Keadaban Digitalisasi Warga Negara Indonesia dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(01), 1-8. https://dx.doi.org/10.12928/citizenship.v5i1.23347

Kusnadi, Ary, P., dan Yos Sudarso. (2023). Digital Society on Public Civility : an Alternative to Strengthen National Character. Journal of Education, Humaniora, and Social Sciences (JEHSS). 6(1). DOI : 10.34007/jehss.v6i1.1872.

Latief, N., Mandey, S. L., & Tampenawas, J. L. (2021). Strategi Swot Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Umkm Rumah Makan Padang Raya Santiago Sario Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(2).

Mardianto. (2018). Peran Pendidikan Digital Citizenship Untuk Pencegahan Perilaku Ujaran Kebencian Siswa di Media Sosial. Membangun Manusia Indonesia Yang Holistik Dalam Kebhinekaan, 523–538.

Miles, Mattew B. dan A. Michael Huberman. 1992. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Method. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-PRESS).

Muhadjir, Noeng. 1998. Metodologi Penelitian Kualitatif Pendekatan Positivistik, Rasionalistik, Phenomenologik, dan Realisme Metaphisik Telaah Studi Teks dan Penelitian Agama

Nikmah A., H. (2022). Pola Pengasuhan Anak Usia Dini Dalam Ajaran Islam Berbasis Neurosains. (Doctoral Dissertation IAIN Kudus)

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi nilai pendidikan karakter dalam mata pelajaran pkn di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4328-4333.

Putri F., A., Dhi B., Santhy H. (2020). Studi Literatur Tentang Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran The Power of Two di SD. Jurnal EDUCATIO. 6(2). https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.561

Rahayu, P. (2019). Pengaruh era digital terhadap perkembangan bahasa anak. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 2(1), 47-59. https://doi,org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423

Redaksi. (2024, April 22). Pendidikan Kewarganegaraan: Membentuk Warga Negara Berwawasan, kritis, Dan Bertanggung jawab. Pendidikan Kewarganegaraan: Membentuk Warga Negara Berwawasan, Kritis, dan Bertanggung Jawab - Sukabumi Update.https://www.sukabumiupdate.com/opini/139418/pendidikan-kewarganegaraan-membentuk-warga-negara-berwawasan-kritis-dan- bertanggung-jawab

Sidiq, Umar dan Mohammad. M., C. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Jakarta : Penerbit Natakarya.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Trisiana A. Sugiaryo dan Rispantyo. (2019). Model Desain Pendidikan Kewarganegaraan di Era Digital Sebagai Pendukung Implementasi Pendidikan Karakter

Udang, F. C. (2022). Menguatkan Keadaban Melalui Meta-learning. DIDASKALIA: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 3(1), 56-65. https://doi.org/10.51667/djpk.v3i1.951

Utama, I. D. (2019). Analisis strategi pemasaran pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pada era digital di Kota Bandung. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 7(1), 1-10. Utama, I. D. (2019). Analisis strategi pemasaran pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pada era digital di Kota Bandung. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 7(1), 1-10.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.

Published

2024-06-30

How to Cite

Akmalludin, A., Febryerko , C. H. ., Syamila , N. N. ., Andyani , Y. ., & Lushinta, I. P. . (2024). Pendidikan Kewarganegaraan di Era Digital : Membangun Keadaban Warganet Indonesia. Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 1-13. https://doi.org/10.53682/jce.v8i1.10093